Skip to main content

MAIN KEMALAMAN, WAGIMIN HILANG

Cerita pengantar tidur untuk Afham:



Wagimin, seorang bocah yang hidup di zaman dahulu. Zaman saat listrik belum mengaliri kampung-kampung di Indonesia.
Suatu malam, Wagimin main keluar rumah dengan berbekal obor. Saking asiknya bermain, Wagimin enggan pulang.
Ketika malam semakin larut, orang tua Wagimin mencari ke mana-mana. Namun Wagimin tak kunjung ditemukan. Mereka mencari ke rumah teman-temannya namun mereka tak ada yang tahu di mana Wagimin berada.
Karena situasi dianggap sudah mengkhawatirkan, orang tua Wagimin memutuskan untuk melapor pak Lurah.
Pak Lurah pun mengerahkan warga untuk berkumpul. Ada yang membawa obor, ada yang membawa kentongan. Hampir semua warga desa laki-laki ikut serta.
Oleh pak Lurah mereka dibagi menjadi beberapa kelompok untuk menyisir daerah-daerah yang dianggap singit (misterius). Seperti barongan (gugusan pohon bambu), bendungan, ladang, lapangan desa dan lain sebagainya.
Setelah berjam-jam berkeliling tanpa hasil, pak Lurah memutuskan untuk menghentikan pencarian. Lagi pula sudah terlalu larut malam.
Orang tua wagimin pun pasrah. Sang ibu tak bisa menahan air mata kesedihannya.
Saat menjelang subuh, wak modin pergi ke masjid untuk mempersiapkan shalat jamaah shubuh.
Saat wak Modin hendak wudlu ia terkaget karena mendapati ada seorang bocah yang tidur di tempat wudlu. Setelah diamati lebih teliti dengan bantuan lampu ublik, wak Mudin dapat memastikan bocah itu adalah Wagimin yang semalaman dicari orang sekampung. Ia tertidur sangat pulas sampai pipinya dipenuhi air liur yang mengering.

Comments

Popular posts from this blog

Aplikasi Tabungan Sekolah

Berawal dari permintaan istri saya untuk dibuatkan aplikasi tabungan sekolah akhirnya saya putuskan untuk membagi aplikasi tabungan sekolah ini kepada publik dengan beberapa perubahan untuk menyesuaikan kebutuhan secara umum tentu saja. Aplikasi tabungan sekolah ini adalah aplikasi yang amat sangat sederhana yang dibuat dengan pengetahuan dan kemampuan seadaanya. Aplikasi ini saya buat dengan menggunakan Microsoft Excel dan VBA (Visual Basic Application). Bagi yang berminat silakan download di : 1. Aplikasi 2. Petunjuk Penggunaan Semoga Bermanfaat

Rajabiyah dan Kemeriahannya

  Waktu itu sekitar November 1998. Para santri baru saja kembali dari menikmati liburan caturwulan I di bulan Oktober. Sekembali ke pondok, sebagai santri yang baru mondok empat bulan saya dikejutkan dengan kemeriahan di Tebuireng. Kemeriahan itu bernama Rajabiyah. Sebuah kegiatan yang rutin tiap tahun dihelat oleh para santri secara mandiri. Mereka urunan sendiri, membentuk kepanitiaan sendiri, mengurus segala detailnya sendiri. Setiap komplek di Tebuireng menggelar kegiatan Rajabiyah. Pun dengan Orda (Organisasi Daerah) juga menggelar kegiatan dengan tema yang sama. Kemeriahan Rajabiyah ini persis seperti kemeriahan Agustusan di kampung. Berbagai lomba digelar. Mulai dari lomba ilmiah semacam lomba baca kitab, lomba pidato, lomba adzan, lomba bilal, lomba cerdas cermat, lomba kaligrafi dan semacamnya. Sampai dengan lomba non ilmiah yang bernuansa hiburan seperti balap karung, kepruk kendil, sepak bola, makan krupuk dan lomba aneh-aneh lainnya. Untuk lomba non ilmiah ini nampak masing

LOGO BARU UNITOMO

Semangat baru, spirit baru, itulah yang diharapkan dari adanya logo baru ini. Logo baru tersebut diluncurkan pada saat pelepasan peserta KKN di Gedung F Lt. 5. Acaranya dibuat besar-besaran sehingga panitia harus merogoh kocek lumayan banyak untuk mendatangkan saya. Logonya lumayan keren. Desainnya futuristik dan modern. Sudah bukan logo jadul lagi. Kalo boleh nebak logo ini kayak perpaduan antara logo BMW dan Volcom. Racikan warnanya mirip BMW, permata yang menjadi obyek utamanya mirip Volcom. Peresmian Logo Baru