Barangkali dunia remaja sudah tidak relevan lagi bagi saya. Perubahan umur membuat saya mengalami perubahan. Ketertarikan saya kepada sesuatu yang bersifat remaja sudah memudar. Saya tidak lagi tertarik dengan sinetron-sinetron remaja, program tv music show, novel remaja dan lain-lain yang dulu pernah saya suka. Saya sudah tidak lagi hafal nama-nama artis pendatang baru yang digemari remaja.
Namun sebagai guru SMP saya merasa perlu untuk mengenal dunia remaja lagi. Saya mulai belajar menghafal sinetron-sinetron remaja dan para aktrisnya. Saya menjadi mengerti bahwa Cherrybelle itu girlsband sedangkan JKT48 itu idol group, meskipun mereka sama-sama menari sambil menyanyi bukan menyanyi sambil menari. Karena aksi koreografinya lebih ditonjolkan daripada musikalitasnya. Bahkan, yang saya tidak bisa pahami, ada sekelompok remaja yang terlibat perdebatan sengit di dunia maya karena permasalahan idol group bukanlah girlsband biasa. Perdebatan ini terasa lebih penting dari perlu tidaknya mencabut subsidi BBM.
Saya jadi mengenal bahasa-bahasa atau istilah-istilah yang sedang ngetrend di kalangan remaja, yang tak jarang mereka gunakan di kelas. Istilah-istilah itu seringkali bermakna tidak seperti makna sebenarnya. Modus, famous, dan lain-lain yang perkembangannya sangat cepat seperti perkembangan teknologi informasi. Kata yang sedang ngetrend dipakai tiga bulan yang lalu bisa jadi terkesan jadul dan ketinggalan jaman bila digunakan sekarang.
Keuntungan dari memahami perkembangan dunia remaja bagi saya adalah bisa mendekatkan jarak psikologis antara saya dan anak didik saya. Terkadang ketika saya menggunakan istilah yang sedang ngetrend di kalangan mereka, mereka menjadi lebih antusias dan memberikan perhatian lebih kepada saya.
Ada sedikit pengalaman nyata:
Ketika saya masuk ke dalam kelas 7 yang berisikan para murid baru untuk pertama kalinya, tentu terlebih dahulu saya lakukan adalah perkenalan.
"Sudah tahu nama saya?" begitu saya memulai perkenalan.
"Belum" jawab mereka serempak dengan ekspresi yang datar minim antusiasme.
Namun begitu saya ambil spidol dan menuliskan sebuah kata di whiteboard: "ALIANDRO", ekspresi mereka mulai dinamis. Sudah mulai ada kasak-kusuk penasaran di kelas.
Aliandro adalah nama salah satu artis pendatang baru yang sedang ngetren karena menjadi pemeran utama di sinetron yang sedang digandrungi remaja (termasuk anak SD): "Ganteng-Ganteng Srigala".
"Nama saya..." kata saya sambil menunjuk ke arah whiteboard dan menghirup napas dalam-dalam untuk meningkatkan suasana tegang dan penasaran.
"... Bukan ini..." sambung saya.
Suasana pun langsung gerrr... Ketika mereka menyadari telah masuk perangkap saya.
Setelah itu mereka pun lebih antusias mengikuti sesi perkenalan.
Konsekuensinya, tidak jarang kalau di luar jam pelajaran mereka menyapa saya dengan "Ustadz Aliandro..."
Tak apa, toh wajah saya dan aliandro itu 11-17.
Namun sebagai guru SMP saya merasa perlu untuk mengenal dunia remaja lagi. Saya mulai belajar menghafal sinetron-sinetron remaja dan para aktrisnya. Saya menjadi mengerti bahwa Cherrybelle itu girlsband sedangkan JKT48 itu idol group, meskipun mereka sama-sama menari sambil menyanyi bukan menyanyi sambil menari. Karena aksi koreografinya lebih ditonjolkan daripada musikalitasnya. Bahkan, yang saya tidak bisa pahami, ada sekelompok remaja yang terlibat perdebatan sengit di dunia maya karena permasalahan idol group bukanlah girlsband biasa. Perdebatan ini terasa lebih penting dari perlu tidaknya mencabut subsidi BBM.
Saya jadi mengenal bahasa-bahasa atau istilah-istilah yang sedang ngetrend di kalangan remaja, yang tak jarang mereka gunakan di kelas. Istilah-istilah itu seringkali bermakna tidak seperti makna sebenarnya. Modus, famous, dan lain-lain yang perkembangannya sangat cepat seperti perkembangan teknologi informasi. Kata yang sedang ngetrend dipakai tiga bulan yang lalu bisa jadi terkesan jadul dan ketinggalan jaman bila digunakan sekarang.
Keuntungan dari memahami perkembangan dunia remaja bagi saya adalah bisa mendekatkan jarak psikologis antara saya dan anak didik saya. Terkadang ketika saya menggunakan istilah yang sedang ngetrend di kalangan mereka, mereka menjadi lebih antusias dan memberikan perhatian lebih kepada saya.
Ada sedikit pengalaman nyata:
Ketika saya masuk ke dalam kelas 7 yang berisikan para murid baru untuk pertama kalinya, tentu terlebih dahulu saya lakukan adalah perkenalan.
"Sudah tahu nama saya?" begitu saya memulai perkenalan.
"Belum" jawab mereka serempak dengan ekspresi yang datar minim antusiasme.
Namun begitu saya ambil spidol dan menuliskan sebuah kata di whiteboard: "ALIANDRO", ekspresi mereka mulai dinamis. Sudah mulai ada kasak-kusuk penasaran di kelas.
Aliandro adalah nama salah satu artis pendatang baru yang sedang ngetren karena menjadi pemeran utama di sinetron yang sedang digandrungi remaja (termasuk anak SD): "Ganteng-Ganteng Srigala".
"Nama saya..." kata saya sambil menunjuk ke arah whiteboard dan menghirup napas dalam-dalam untuk meningkatkan suasana tegang dan penasaran.
"... Bukan ini..." sambung saya.
Suasana pun langsung gerrr... Ketika mereka menyadari telah masuk perangkap saya.
Setelah itu mereka pun lebih antusias mengikuti sesi perkenalan.
Konsekuensinya, tidak jarang kalau di luar jam pelajaran mereka menyapa saya dengan "Ustadz Aliandro..."
Tak apa, toh wajah saya dan aliandro itu 11-17.
Comments